PROSES ORGANISASI
1. Proses Mempengaruhi
-Pengertian Pengaruh
Pengaruh adalah suatu kegiatan atau keteladanan yang menunjukan hal
baik,yang dilakukan secara langsung ataupun secara tidak langsung,
sehingga mengakibatkan suatu perubahan perilaku sikap, baik itu individu
atau kelompok
- Elemen-elemen proses mempengaruhi
Elemen-elemen yang ada dalam suatu proses mempengaruhi antaralain :
* Orang yang mempengaruhi
* Metode yang digunakan untuk mepengaruhi,dan
* Orang yang di pengaruhi
- Metode-metode yang digunakan dalam mempengaruhi antaralain :
* Kekuatan fisik
* Penggunaan sanksi
* Keahlian, dan
* kharisma
Daerah pengaruh mencakup hubungan-hubungan,
* Antar perseorangan
* Kelompok dengan seseorang,dan
* Seseorang dengan Kelompok.
2. Proses Pengambilan Keputusan
Keputusan dari seorang pemimpin
tidak datang secara tiba-tiba, tetapi melalui suatu proses. Pengambilan
keputusan yang akan diwujudkan menjadi kegiatan kelompok merupakan hak
dan kewajiban pucuk pimpinan berupa wewenang dan wewenang itu dapat
dilimpahkan.
Pengambilan keputusan oleh seorang pemimpin yang
bersifat apriori (berburuk sangka) selalu merupakan proses, baik yang
berlangsung dalam pikiran maupun dalam kegiatan oprasioal pemecahan
masalah. Proses pengambilan keputusan itu berlangsung dengan tahapan
sebagai berikut :
a. Menghimpun data melalui pencatatan bahkan mungkin berupa kegiatan penelitian
b. Melalui analisis data
c. Menetapkan keputusan yang akan ditempuh
d. Mengoprasionalakan keputusan menjadi kegiatan
e. Selama berlangsungnya kegiatan sebagai pelaksana keputusan akan diperoleh data oprasional yang baru
Sementara itu tahapan-tahapan dalam proses pengambilan keputusan dapat dikemukakan sebagai berikut :
a. Tetapkan masalah
b. Idntifikasi criteria keputusan
c. Alokasikan bobot pada criteria
d. Kembangkan alternaif
e. Evaluasi alternative
f. Pilih alternative terbaik
Kesimpulan : Proses mempengaruhi dan pengambilan keputusan adalah
proses-proses manejerial karena secara nyata dilaksanakan oleh para
manajer. Proses-proses ini juga merupakan proses-proses organisasional
karena lebih penting daripada manajer individual dalam pengaruhnya pada
pencapaian tujuan–tujuan organisasi. Ketiga proses organisasi dan
manejemen ini merupakan bagian vital sistem organisasi formal dan
mempunyai implikasi-implikasi sangat penting terhadap perilaku
organisasional.
Sumber:
http://hasanismailr.blogspot.com